Kamis, Juli 05, 2012

Desain Rumah Minimalis Tropis

Cara Cepat Hamil
Desain rumah minimalis pada jaman sekarang ini memang lagi ngetren-ngetrennya  dan menjadi primadona desain rumah bagi sebagaian orang yang khususnya hidup di Indonesia. Rumah minimalis nayak digemari karena desainnya yang simpel. Meskipun dikenal dengan desain yang simpel, namun desain minimalis terlihat megah dan elegan. Bahkan meskipun desainnya menggunakan konsep minimalis, biaya yang dikeluarkan untuk membangunnya tidak mesti murah, bahkan bisa sangat mahal, tergantung dengan material bangunan yang digunakan.
Render and Concept © Agus Setiawan, ST

Namun, kadang desain rumah minimalis apabila ditempatkan di Indonesia yang memiliki iklim tropis dirasa kurang begitu bersahabat dengan iklim dan cuaca yang ada di Indonesia. Hal itu dikarenakan desain rumah minimalis kurang begitu maksimal dalam menangani cuaca ekstrim pada waktu musim hujan datang

Tapi untuk mengakali semua itu banyak dari kalangan Arsitek yang menggabungkan antara konsep desain minimalis dengan konsep desain rumah tropis. Desain gabungan tersebut sekarang ini lebih dikenal dengan nama Rumah Minimalis Tropis. Rumah Minimalis Tropis didesain dengan desain yang unik, karena rumah tropis dipadukan dengan desain rumah minimalis.

Untuk itu penulis artikel ini selaku seorang Arsitek Junior mencoba untuk mendesain Rumah Minimalis Tropis dengan gaya khas tropisnya. Karena rumah tropis lebih banyak menggunakan atap dan tritisan untuk mengatasi air hujan dan panas matahari. Untuk itulah penulis mencoba mendesain rumah minimalis tropis dengan cara menggabungkan atap rumah tropis dengan garis tegas ala desain minmalis yang banyak menggunakan dak beton sebagai tritisan dan tempiasnya.

Desain rumah ini juga sedikit menerapkan konsep green architeture dangan menempatkan tanaman-tanaman di depan rumah. hal ini dilakukan untuk menambah suplai oksigen dan menambah kesejukan rumah serta yang paling penting untuk menangkal radiasi panas matahari pada siang hari.

Selain itu juga untuk menangkal polusi udara dari luar seperti asap kendaraan bermotor dan debu dari jalanan. Tanaman tersebut selain berfungsi seperti tersebut di atas, juga berfungsi sebagai hiasan fasad dan menjadikan nilai estetika rumah yang menyatu dengan alam (back to nature). Karena bangunan identik dengan nilai garis yang terkesan kaku, maka tanaman berfungsi sebagai pelunaknya. Sebab tanaman memiliki sifat yang menenangkan.

Contoh desain di bawah ini adalah karya dari Agus Setiawan, ST seorang Arsitek Junior dari PT HEBSA INDONESIA, Jakarta.

Render and Concept © Agus Setiawan, ST
Render and Concept © Agus Setiawan, ST
Render and Concept © Agus Setiawan, ST
Semoga desain rumah minimalis tropis di atas bisa menjadi inspirsi desain bagi anda-anda semua khususnya bagi anda yang hidup di daerah tropis. Terimakasih.
100 out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Comments
◄ Newer Post Older Post ►