Sabtu, Juli 07, 2012

Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Cepat Hamil
Tips Cara Menurunkan Berat Badan Mudah Cepat dan Alami. Berat badan adalah salah satu hal yang dianggap orang penting dalam kehidupan. Bagi orang yang obesitas atau kegemukan, banyak segala cara untuk menurunkan berat badan secara instan.
Menurunkan Berat Badan
Nah, kali ini Blog Personal ingin berbagi tips kesehatan untuk anda setelah sebelumnya sudah berbagi tentang Mengecilkan Perut, Mencegah Rambut Rontok dan Menghilangkan Jerawat. Berikut adalah Cara Menurunkan Berat Badan yang efektif untuk anda.

Pola Hidup Menurunkan Berat Badan

1. Tingkatkan Waktu Olahraga
Jika Anda memiliki jadwal olahraga yang rutin, saatnya menambahkan porsi dan waktu berolahraga. Bagi Anda yang tidak memiliki jadwal rutin, segeralah datang ke gym. Cobalah menggunakan elliptical trainer selama 40 menit dalam 5 hari, ini akan membantu Anda mengurangi berat badan, serta badan akan terasa lebih bugar.

2. Tidur Teratur
Berikut adalah cara agar dapat tidur nyenyak untuk menurunkan berat badan seperti dilansir mnn.com

1. Rencanakan untuk memperpanjang jam tidur
Selesaikan tugas sehari-hari lebih awal sebelumnya agar memiliki lebih banyak waktu untuk tidur. Menurut dr. Oz, jika dapat menambah waktu tidur satu jam saja, bisa mengurangi rata-rata sekitar 6,35 kg per tahun.

2. Ingatkan diri sendiri ketika waktunya tidur
Tubuh tidak dapat selalu mengontrol kapan saatnya bangun. Tetapi kita dapat memastikan mulai tidur pada jam yang tepat dan memperoleh tidur malam yang baik. Yang dibutuhkan adalah pengaturan alarm untuk mengingatkan kapan saatnya tidur, bukan hanya saatnya bangun di pagi

Tergantung kapan saatnya harus bangun, kurangilah 7,5 jam dari waktu bangun untuk menentukan kapan saatnya mulai tidur. Akan lebih baik lagi jika ditambah lagi satu jam lebih awal sehingga ada waktu untuk bersiap-siap tidur.

3. Minum suplemen untuk menenangkan
Cobalah mengkonsumsi suplemen kalsium dan magnesium yang membantu menenangkan sistem saraf, serta bertindak sebagai pembantu tidur secara alami. Dosis amannya adalah 600 miligram kalsium dan 400 miligram magnesium.

4. Matikan lampu
Lingkungan tidur yang terbaik adalah gelap, tenang dan dingin. Pastikan memasang tirai atau masker mata untuk memblokir cahaya yang dapat membuat tetap terjaga.

Jika bisa, matikan semua peralatan elektronik yang memancarkan cahaya dari kamar tidur, seperti TV dan komputer. Gelap membantu tubuh merangsang produksi melatonin, hormon yang menyebabkan kantuk.

5. Lakukan relaksasi
Stres dapat mengacaukan istirahat. Mengusir stres dapat membantu tidur dengan cara berlatih teknik relaksasi yang menenangkan, seperti bernapas dalam, meditasi atau latihan relaksasi otot yang progresif.

Cobalah mendengarkan musik yang menenangkan atau mandi air hangat sebelum tidur. Bila sedang santai, detak jantung dan pernapasan melambat, mempersiapkan tubuh untuk masuk ke alam tidur.

Pola Makan dan Minum Menurunkan Berat Badan

1. Hindari Minuman Bersoda
Di dalam sebotol kecil minuman bersoda terdapat 250 kalori yang semuanya berasal dari gula. Selain itu, di dalam minuman soda tidak terdapat vitamin. Wanita yang terlalu sering minum minuman bersoda akan lebih besar kemungkinannya terkena obesitas, diabetes atau osteoporosis.

2. Lupakan Junk Food
Makanan cepat saji sarat akan kalori yang kebanyakan berasal dari lemak. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji terutama yang jenis junk food mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari. Jangan konsumsi makanan cepat saji dan berat badan Anda akan berkurang dalam seminggu.

3. Kurangi Porsi Makan
Tentu sangat sulit bagi Anda untuk mengurangi porsi makan. Oleh karenanya, Anda bisa langsung menyisihkan setengah porsi makanan dari piring. Tetaplah berpegang pada porsi makan yang lebih kecil.

4. Makanlah Lebih Sering
Makan lima kali sehari dalam porsi kecil akan membantu metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Dengan makan lebih sering dalam porsi kecil akan membuat Anda tidak merasa lapar sehingga mencegah rasa lapar dan hasrat makan yang berlebihan.

5. Perbanyak Buah dan Sayur
Jika Anda serius ingin menurunkan sedikit berat badan dalam seminggu, salah satu cara yang yang dapat dilakukan selain menambah kuantitas makan adalah memperbanyak buah dan sayur . Anda bisa mengganti keripik kentang atau cokelat dengan buah. Dengan begitu tidak hanya berat badan Anda yang turun tetapi tubuh juga mendapatkan nutrisi sehat.

6. Minumlah Sebelum Makan
Apakah Anda tahu minum air putih 5-10 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar? Minumlah air sebelum makan dan Anda akan dapat mengurangi porsi makan. Dengan memperbanyak minum air putih dapat juga membantu tingkatkan metabolisme tubuh.

7. Cari Aplikasi yang Membantu Program Diet
Sekarang ini banyak aplikasi yang bisa didownload secara gratis maupun berbayar, untuk memudahkan Anda menjalani program diet sehat dimanapun dan kapanpun. Tujuh di antaranya, bisa Anda simak di sini.

8. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah
Solusi jika ingin langsing dalam waktu cepat adalah mengganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini memerlukan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi karena sulit dicerna, tubuh jadi menggunakan banyak energi yang berguna mengurangi kalori. Nasi merah, kentang (rebus), kacang-kacangan dan roti gandum termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks yang kaya serat.

9. Hindari Makanan yang Digoreng
Makanan yang digoreng sangat berpotensi menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penimbunan lemak berlebihan di dalam tubuh. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, panggang, pepes, kukus atau sup.

Nah, itulah beberapa tips seputar Pola Makan Minum dan Pola Hidup untuk Menurunkan Berat Badan. Semoga tips diatas bisa Menurunkan Berat Badan Mudah Cepat, Alami dan Efektif.
100 out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Comments
◄ Newer Post Older Post ►