Jumat, Juli 06, 2012

Desain Villa Minimalis yang Elegan

Cara Cepat Hamil
Desain Villa Minimalis Elegan.Villa itu identik dengan sebuah bangunan atau rumah yang ada di lereng gunung atau di daerah pegunungan. Villa sendiri adalah dari bahasa inggris yang berarti "rumah indah di luar kota". Villa kebanyakan bukan untuk tempat tinggal tetap, tetapi untuk tempat tinggal sementara pada waktu pemiliknya sedang berlibur ke tempat dimana villa-nya dibangun. Atau bisa juga Villa tersebut disewakan menjadi tempat penginapan bagi para wisatawan yang hendak menginap ketika sedang berlibur.
Desain Villa Minimalis Elegan
Villa Minimalis (Render and Concept © Agus Setiawan, ST)
Mempunyai Villa sendiri adalah impian bagi sebagian orang. Karena pada umumnya bangunan Villa adalah berupa bangunan yang bagus. Jadi villa bukan cuma sembarang bangunan yang menyerupai rumah biasa. Karena Villa kebanyakan terletak di daerah pegunungan, maka desain villa haruslah mampu memanfaatkan energi alam yang ada di sekitarnya.

Seperti contohnya cahaya matahari yang sangat diperlukan untuk kehangatan dikarenakan iklim di pegunungan yang dingin. Jadi bangunan villa tersebut harus memiliki bukaan-bukaan yang lebar agar mampu memanfaatkan cahaya matahari dengan baik dan tentunya dengan bukaan yang lebar tidak mengganggu privasi penghuninya. Bukaan yang lebar diperuntukkan untuk ruang-ruang yang memiliki sifat publik dan semi publik, seperti ruang tamu, ruang makan, balkon dan ruang santai/keluarga.

Dalam kesempatan ini penulis yang juga bekerja sebagai seorang Arsitek Junior di sebuah perusahaan konsultan Jakarta mencoba mendesain sebuah Villa yang bergaya Minimalis dan berkonsepkan Green Architecture. Dimana banyak terdapat bukaan-bukaan yang mampu memanfaatkan cahaya matahri masuk ke dalam ruangan. Bukaan tersebut terdapat pada ruang makan dan kamar pada lantai dua. Sedang area yang terletak di atas ruang makan adalah area terbuka untuk bercengkrama dengan keluarga dan sekaligus untuk menikmati indahnya alam pegunungan.

Bangunan tersebut banyak menggunakan material dari kayu yang dipadukan dengan struktur baja berbentuk pipa. Hal itu dilakukan agar bangunan villa terkesan hangat dan elegan, namun tetap memperlihatkan bangunan yang kokoh. Struktur baja pipa sendiri selain berfungsi sebagai penopang dari bangunan, juga berfungsi sebagai estetika. Karena penulis ingin membuat sebuah bangunan villa yang memiliki konsep struktur terbuka atau sttruktur baja yang diekspos.

Kemudian bangunan tersebut dibuat panggung atau mengambang di atas tanah. Hal itu dilakukan agar tidak banyak merusak kondisi tanah pada area tersebut. Karena dengan konsep panggung, tidak akan banyak dari tanah yang di cut and fill. Semua itu dilakukan untuk menjaga kelestarian alam dan menjaga konsep Green Architecture.

Untuk struktur panggung sendiri menggunakan beton. Kenapa dipilih beton sebagai struktur utama dalam menopang bangunan? Karena beton lebih tahan berada dekat tanah dan lebih mudah dalam perawatannya jika dibandingkan dengan baja.

Berikut ini adalah hasil rancangan dari Villa yang menggabungkan gaya minimalis dengan konsep green rchitecture dan Struktur baja ekspos.
Desain Villa Minimalis Elegan
Villa Minimalis (Render and Concept © Agus Setiawan, ST)
Desain Villa Minimalis Elegan
Villa Minimalis (Render and Concept © Agus Setiawan, ST)
Desain Villa Minimalis Elegan
Villa Minimalis (Render and Concept © Agus Setiawan, ST)
Semoga artikel dan gambar diatas dapat menjadi inspirasi desain bagi anda semuanya dan membawa manfaat bagi pembaca yang budiman.(By: Agus Setiawan, ST)
100 out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Comments
◄ Newer Post Older Post ►